Program Peningkatan Usaha CFC Store

By Be Samyono (2021021909.52)

Berkaitan dengan program hibah Grand UAI tahun 2020 di bidang Pengabdian Masyarakat, telah digulirkan satu project  yaitu:    Program Peningkatan Usaha di divisi Clothes for Charity (CFC) Yayasan Gemilang Indonesia.  Project ini berlangsung selama 8 bulan dengan pendanaan LP2M UAI.  Sejauh ini Tim pelaksana (Tim Dr. Bambang Samiono ST MM CHRP) telah menjalin kerjasama dengan Yayasan Gemilang Indonesia.  Ditahun 2019 telah ada kolaborasi dalam project pengentasan anak pemulung melalui program kelas mimpi.  Dilanjutkan di tahun 2020 melalui program di CFC ini. 

Divisi Clothes for Charity (CFC) adalah salah satu divisi yang di bentuk di Yayasan Sosisl Gemilang Indonesia (GI) dalam bentuk program donasi baju untuk pendidikan gratis dhuafa melalui CFC Store. Baju donasi dari donatur akan dijual kembali. Hasil penjualannya akan digunakan untuk biaya operasional pendidikan anak-anak dhuafa yang ada dalam binaan GI. CFC merupakan salah satu program penting yang menopang pembiayaan operasional kegiatan-kegiatan Yayasan Gemilang Indonesia. Saat ini CFC telah membuka 10 chapter CFC di berbagai kota di Indonesia.

Tujuan lain dari CFC adalah Memberi kesempatan bagi masyarakat menengah ke bawah dalam memperoleh pakaian berkualitas dengan harga murah, atau bahkan gratis. Setiap bulan CFC mengelola 200 Lebih Donasi dan menyalurkannya pada lebih dari 100 anak penerima manfaat (laman charityforclothes.id). Setiap donasi dikelola oleh Tim Clothes for Charity dibawah naungan Yayasan Gemilang Indonesia yang mempunyai legalitas. Saat ini CFC dikelola oleh 6 orang relawan yang menjalankan bisnis CFC secara offline maupun online. 

Beberapa hal yang menjadi permasalah bagi Mitra CFC ini diantaranya: Rendahnya kemampuan mengembangkan bisnis online. Dan tidak adanya pelaporan keuangan yang sistematis. Menelaah permasalahan yang dihadapi oleh Mitra ini, maka tim pelaksana pengabdian masyarakat memberikan kontribusi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra yaitu berupa:  1) Memberikan Program Business Workshop:  Materi workshop ini merupakan materi dasar-dasar berbisnis berupa motivasi, manajemen marketing dan manajemen keuangan pada 6 anggota CFC.  Dan 2) Penyediaan apikasi Pelaporan Keuangan Sederhana: Aplikasi ini untuk mengatasi permasalahan adanya proses manual yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan mempermudah proses bisnis.

Program peningkatan pengelolaan usaha Divisi CFC pada Yayasan Sosial Gemilang Indonesia ini telah mencapai sasaran yang tepat dengan pengimplementasian 2 program berupa Program Business Workshop dan penyediaan aplikasi pelaporan keuangan.  Kolaborasi antara Tim pelaksana dan Rekan Rekan CFC juga terjalin cukup sinergi.  Baik dalam pelaksanaan implementasi online maupun online.

Adanya pandemic covid19 memberikan pengaruh berupa diubahnya metode pelaksanaan dari offline menjadi online serta mempersingkat durasi pelaksanaan workshop.  Lebih jauh pandemic ini juga memberi akibat belum  bisa di evaluasinya aplikasi pelaporan keuangan secara penuh karena tidak beroperasionalnya CFC store selama pandemic ini. Namun dalam evaluasi pelaksanaan program ini terlihat bahwa Hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) pada program ini sebesar sebesar: 87.0%.

 

Facebooktwitterredditpinterestmail

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + = thirteen