Cipta Collection – Garmen

By Be Samyono (09122009-16.19)
Seri Start Up Business – Mahasiswa kewirausahaan UAI

Data Bisnis:

Owner : Sumas Kurniawan
Alamat : Taman Kota Kembangan Jakarta Barat
Email : suka_mas_mas@yahoo.com

Gambaran Bisnis:

Cipta Collection (CC) merupakan anak perusahaan Cipta Baru. Perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha ini melebarkan sayapnya di bidang garmen. Usaha yang dimulai di awal pertengahan tahun 2008 ini diteruskan pada: Sumas Kurniawan sebagai generasi berikutnya. Langkah ini cukup tepat dilakukan mengingat selama ini pengelolaan bisnis hanya dijalankan oleh orang kepercayaan tanpa satu pengawasan. Dibangun dengan modal investasi 85 juta dan menempati pabrik milik sendiri seluas lebih dari 162 M2 usaha ini mulai menunjukkan kemajuan. Beberapa merk besar mulai mempercayakan Cipta Collection untuk mengerjakan ordernya seperti Sophie martin dan Nevada. Keunggulan yang dimiliki usaha ini diantaranya adalah telah dimilikinya badan hukum hingga memudahkan untuk mendapatkan oder dan keberadaan pabrik milik sendiri. Namun demikian beberapa kendala masih dimiliki usaha ini diantaranya adalah ketergantungan usaha pada pasokan listrik PLN yang masih seringkali padam, sistem manajemen yang belum terimplementasi serta masih banyaknya skill yang harus ditingkatkan untuk menghindari cacat produksi.

Keinginan Cipta Collection guna memposisikan usahanya sebagai perusahaan yang bergerak dibidang produk dan jasa dengan kualitas no.1 sesuai dengan kebutuhan pembeli cukup mempunyai potensi. Selain sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok perkembangan fashionpun makin marak belakangan ini. Tinggal bagaimana upaya perusahaan untuk bisa menggelontor pasar dengan merk baru atau bagaimana perusahaan mendapatkan order dari merk-merk yang sudah establish. karena bila ditilik dari dukungan mesin, Cipta Collection cukup mumpuni untuk mengerjakan order besar. Tercatat Cipta Collection mempunyai: 7 mesin jahit, 3 mesin obras, 2 mesin kam dan 2 mesin gosok. Tenaga kerja yang diperkerjakan mencapai 10-an orang.

Dari diagnosa bisnis di kelas tersimpul beberapa hal:

1. Faktor tenaga kerja musiman disatu sisi memang akan menurunkan biaya tetap tapi bila order telah berkelanjutan maka hal ini perlu dipecahkan adanya tetaga kerja tetap untuk menjaga konsistensi dan mutu produksi

2. Sumas sebagai pelanjut bisanis harus segera mungkin mempelajari bisnis secara mendalam untuk bisa melakukan take over dan mengkontrol semua jalannya operasional bisnis. Karena terlihat operasional usaha terjadi conflict of interest.

Analisa:

Perjalanan usaha bisnis Cipta Collection masihlah sangat awal. Untuk mempercepat berjalannya usaha Cipta Collection harus lebih ekspansif untuk memperoleh order dari merk-merk fashion terkenal. Kedepannya Cipta Collection harus berani untuk membuat merek tersendiri dan menggelontor pasar sesuai dengan segmen dan target marketnya agar memperoleh margin yang lebih besar lagi dan tidak hanya memperoleh margin dari ongkos kerja belaka. Sukses Sumas dengan usahanya!

Facebooktwitterredditpinterestmail

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 − = three