Practical Workshop & Bazaar : BL#5 UAI + FBM TDA Jaksel

Be Samyono [08012013-08.08]

Assalaamu’alaikum wr.wbr.

Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang, harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Oleh karena itu sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berpikir dikalangan mahasiswa. Yaitu dari pola pikir sempit mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pencipta lapangan kerja yang berbasis pada penciptaan usaha kecil dan menengah, sehingga Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang dirintis sejak dari bangku kuliah. Kemampuan wirausaha ini merupakan modal dasar bagi seseorang yang ingin bergerak di bidang usaha tertentu.

Dari data statistik dinyatakan hanya 20% bisnis yang berjalan akan bertahan ditahun pertama. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya diberikan pembekalan baik berupa peningkatan keahlian maupun kemampuan manajerial bagi startup bisnis. Hal ini diupayakan untuk memperkokoh stabilitas kemampuan startup bisnis. Tidak hanya sekedar motivasi atau peningkatan awareness mengenai kewirausahaan.

PRACTICAL WORKSHOP & BAZAR

Berkaitan dengan hal ini para mahasiswa mata kuliah Proyek Bisnis kelas dosen  Bambang Samiono, ST. MM, bekerjasama dengan Forum Blok M – Komunitas TANGAN DIATAS wilayah Jakarta Selatan menggelar practical workshop 1 hari penuh dengan target market mahasiswa yang telah memiliki bisnis baik dilingkungan Universitas Al Azhar ataupun Universitas sekitarnya beserta usahawan start up business di wilayah Jakarta Selatan.  Disamping practical workshop, kegiatan ini juga akan diisi dengan kegiatan promosi yang berupa business launching, product presentation serta bazaar yang diisi oleh mahasiswa serta mitra bisnis.

Berbeda dengan beberapa workshop yang digelar, workshop ini dikemas dengan penyampain materi yang sangat praktikal yang ditujukan agar para start up business bisa memahami sekaligus langsung mempraktekkan step by sep yang diajarkan dalalm workshop.  Dengan mengambil tema: “Multiply Your Business through 4 Essentials Business Fundamental Practices” workshop ini memberikan pendalaman materi terhadap 4 fundmental bisnis yang harus di bangun kokoh oleh pengusaha pemula.  Diantaranya:

  • Digital Marketing & Social Media oleh Bpk Chaidir Praktisi Digital Marketing TDA Jakarta Selatan
  • Fundraising Untuk Usaha oleh Bpk Michael Tampi dari Kinara dan Bpk Hendy Premanasakti dari Bank Syariah Mandiri
  • Pengelolaan Sumber Daya Manusia oleh Ibu Lita Muchrom dari SDM4UKM
  • Legalitas Usaha & HAKI oleh Bpk Bimo Prasetio dan Bpk Ari Juliano dari Legal4UKM dan HAKI4UKM.

Sementara tujuan diadakanya Workshop ini adalah agar pengusaha pemula:

  • Mempunyai kemampuan manajerial dalam membangun fundamental bisnis untuk mempertahankan bisnis secara berkesinambungan.
  • Mengetahui tips-tips pelaku bisnis dalam menghadapi permasalahan dunia usaha.
  • Dapat dengan mudah mengimplementasikan langkah-langkah praktis dalam bisnis yang dipaparkan di workshop.
  • Mempunyai kesempatan dan wadah untuk mempromosikan usaha baru mereka utamanya untuk kelas Proyek Bisnis yang akan me-launching 15 bisnis baru.
  • memperoleh akses baik pendanaan, wadah konsultasi maupun jaringan usaha

Event ini menorehkan catatatan menarik, tak kurang 163 peserta workshop hadir, 30 stand mitra bisnis berjalan dilengkapi dengan exhebisi 14 usaha baru yang telah di launching.  Rangkaian acara ini dibuka oleh Wakil Rektor II, DR Ahmad Lubis, Msc ditindak lanjuti oleh Prof Sayuti Hasibuan PhD yang melaunching 14 usaha baru mahasiswa Proyek Bisnis.  Hadir dalam acara ini, wakil dekan, kaprodi manajemen,  dan beberapa dosen dari kalangan UAI.  Sementara dari TDA di hadiri oleh ketua TDA wilayah, former Presiden TDA serta pengurus Wilayah Jakarta Selatan

BUSINESS LAUNCHING #5

Proyek Bisnis adalah salah satu dari mata kuliah unggulan Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen konsentrasi Marketing dan Kewirausahaan yang ada di Universitas Al Azhar.  Matakuliah yang dipangku oleh dosen pembimbing Bambang Samiono, ST MM ini adalah salah satu matakuliah yang memberikan pembekalan kewirausaan dan pendorong terciptanya wirausaha muda dari lingkungan kampus.  Dalam perkuliahan ini terlahir tradisi untuk bersama melaunching business para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan entrepreneur ini dalam satu acara yang bertajuk Business Launching.  Dan tahun ini Business launching telah menginjak tahun ke 5 dan matakuliah Proyek bisnis akan kembali menciptakan wirausaha dari lingkungan mahasiswa kampus UAI.  Tercatat 20 orang peserta dengan kurang lebih 14 usaha akan di launching diacara tahunan BUSINESS LAUNCHING. Diantaranya:

  1. FIRST GRADE CAKE :  Syarifah Amal Assegaf
  2. D’MYER:  Annisa Triany, Farahdillah Muhamad
  3. FLORISTBLOOM :  Arif Fachrudin
  4. JOHNNY ZEBRA: Hargi Noprizal
  5. CRUELE:  Dini Ardita
  6. TEKWAN LUPI: Hcoirul Umah, Noviana Putri
  7. PERNAK_PERNIK : Zuraini Siti Aisyah
  8. MY PANADAS : Diah Fazza Madjid
  9. PASTALICIOUS :  Hesti, Suci Sugiarti, Khairun Nisha
  10. COFFFEE CUPS M.A. :  Kartika Utami
  11. SHAFANA COLLECTION : Winda Septiani, Shelma Dina
  12. BY ANT’S W.O.:  Fanny Yaumi
  13. CUEROYLONA :  Enrika Permadi Putri
  14. CHICKEN WING :  M. Dhika 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Business Launching tahun ke 5 ini kali ini diselenggarakan dengan skala yang lebih besar dengan menggandeng Komunitas bisnis, Perbankan, Business Online dan komunitas kewirausahaan lainnya melalui Practical Workshop dan Promotion Activity.  Hal ini dimaksudkan agar memberikan pengalaman dan pembekalan kepada mahasiswa selain pengukuhan Enterprising University bagi kampus UAI.  Dan salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah dilakukannya kolaborasi dengan Komunitas Tangan Di Atas Wilayah Jakarta Selatan.  Kerjasama ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman bernetworking serta melihat praktek real kewirausahaan dalam suatu komunitas.

Perjalanan 5 tahun Business launching merupakan perjalanan yang patut di apresiasi, tidak saja menunjukkan konsistensi namun juga perkembangan kualitas dan skala eventnya.  Selain itu patut pula diapresiasi bagaimana Univ. Al azhar berkomitmen dalam pengembangan wirausaha di Indonesia sesuai dengan visinya sebagai Entreprising University.  Memberi wadah dan pendidikan yang mumpuni untuk terciptanya entrepreneur yang berkarakter islami yang tangguh.

Besar harapan keberadaan Event Business launching bisa lebih berkembang dan maju. Mampu lebih menciptakan output yang lebih tangguh dan siap menghadapi tantangan wirausaha di dunia real.

Wassalamualaikum wr. wb

Jakarta 9 Januari 2013

Panitia Business Launching #5

Facebooktwitterredditpinterestmail

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − = five