Kerlipbintang – Kilaunya Bisnis Webdesign

By Be Samyono (29102009-10.00)

Jangan meremehkan kekuatan mulut & jaringan. Demikianlah yang tergambar dari bisnis Web Designer yang dijalankan Yana Mintaraga yang biasa dipanggil Yna. Ibu yang sibuk dengan 3 putra-putrinya ini masih bersemangat untuk menjalankan bisnis yang bisa dikendalikan dan dikerjakan dari rumah disela peran hariannya. Dengan gaya pendekatan yang khas terhadap komunitasnya Yna cukup santun dan akrab mempromosikan jasanya melalui jejaring. Tengok kalimat yang familiar disampaikannya:

“Saya ngeblog sejak 2004 (blog pertama). Perkembangan blog atau weblog hingga sekarang ini demikian pesat. Ada yang tetap dan tentu saja banyak yang berubah. Blog tetap menjadi media personal untuk mengekspresikan diri, berbagi ilmu, bahkan ladang bisnis. Yang banyak berubah adalah fasilitas blog itu sendiri, seperti layanan penyedia blog gratisan dan segala perniknya yang semakin lengkap dan memanjakan para blogger. Karena media personal, tentu saja pemilik blog berusaha membuat blognya berbeda dengan lainnya. Sebagai bentuk identitas diri yang bisa diwujudkan dalam bentuk tampilan blog atau biasa disebut template. Tidak susah untuk mencari template yang diinginkan. Pilihannya bisa buat sendiri, nyomot free template dan bisa juga keluar kocek untuk membeli atau membayar jasa web designer. Pilihan terakhir di atas ada pada saya, Saya bisa membuatkan desain weblog untuk Blogspot (Blogger.com), Blogdrive atau WordPress dengan tarif terjangkau. Silahkan sampaikan konsep template idaman anda, dan Insya Allah akan saya wujudkan”.

Mulanya saya tidak mengenal Yna secara pribadi karena tak banyak saya bersentuhan dengan lingkup kerjanya meski kami sama-sama aktif di Komunitas Blogger Familly (BlogFam). Sebagai blogger yang mulai Go Blog di awal 2005 pun saya telah dibantu oleh beberapa rekan saya dalam mendevelop web gratisan saya. Hasilnya selama 2 tahun tak ada kata penting untuk menggunakan jasa web designer. Pemikiran ini berubah saat saya berkeinginan mempunyai web pribadi berbayar yang bisa saya kelola sesuai keinginan saya. Masalah timbul saat saya ingin mencari web designer yan tepat untuk pekerjaan ini. Dari google mungkin akan saya dapat ratusan penawar jasa sejenis. Namun apakah “kolaborasi” itu akan muncul mengingat yang saya inginkan bukan hanya orang yang bisa menuntaskan pekerjaan ini tapi juga bisa diajak diskusi, memberi masukan plus bisa mengajarkan saya beberapa hal kecil mengenai bidang yang saya anggap buta ini. Persyaratan ini menjadi wajib bagi saya karena saya tidak ingin terlalu tergantung bila ada masalah kecil ataupun ada perubahan minor yang menyertai perkembangan web saya. Pun saya ingin mendapatkan gambaran global mengenai hal teknisnya sehingga saya tahu rambu-rambu dan mekanisme yang berjalan di web saya. Singkat kata saya tidak ingin mengatakan “Saya tidak tahu apa-apa”.

Nama Yna disodorkan oleh seorang teman disertai promosi akan keprofesionalan Yna. Saya pun tertarik. Kendala keberadaan Yana di Banten dan saya di Jakarta bukanlah masalah dalam bekerja dan berkomunikasi. Saya yang detail dan sangat perfectionist plus banyak tanya bisa diimbangi dengan kesabaran dan kedetailan Yna. Desain pertamapun diselesaikan dengan memuaskan bahkan saya disertai pula dengan CD tutorial dan beberapa sofware yang memungkinkan saya melakukan editing. Meski cukup pusing dengan versi pertama Wordspress namun sepertinya tak ada kendala berarti. Kerjasama saya dengan Ynapun masih bergulir sampai sekarang dengan beberapa proyek lainnya. Secara pribadi saya sebut Yna sebagai “Pembimbing Spiritual” saya dalam hal utak atik web desain ini.

Piawai menghandle customer, itulah yang bisa saya katakan mengenai bagaimana bisnis rumahan ini sukses di jalankan oleh Yna. Sabar dan jeli mendengarkan kemauan customer dan menyikapinya dengan rasionalitas teknis pekerjaan sangat mengedukasi customer. Hingga customer bisa tahu sejauh mana keinginannya bisa terealisasi dalam desain yang diinginkan. Fokus pada bisnispun menjadi kunci sukses lain. Yna memilih untuk menekuni satu program dengan alasan sederhana. Supaya Expert!. Alasan ini sangat wajar karena perkembangan sofware cukup membanjir. Perlu fokus untuk eksis di satu pilihan. Toh 1 sofware tak usai perkembangan versi dan fiturnya. Dan tanpa banyak beriklan keberadaan Yana di komunitas blogger cukup membuat kompetensinya ini bergaung dari mulut ke mulut di jaringan hingga membuat bintangnya semakin berkilau. Sukses!.

Kontak Yna:

mail & facebook: bundana(at)gmail.com

hp: 081315036335

YM: bintang_yn

Facebooktwitterredditpinterestmail

You may also like

4 comments

  1. mulanya saya ga pe-de, tp krn kepercayaan sam yg akhirnya memberi sya motivasi bahwa saya insya Allah pasti bisa. so, alhamdulillah usaha ini berjalan dgn lancar..

    ulasan ini bikin saya sangat tersanjung dan tambah semangat! makasih byk sam, sukses jg untuk semua ide dan cita2nya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − = two