Langkah Sinergi Di Awal tahun 2011

By Be Samyono (29012011.23.10)

Kabar sukses mulia terbetik dari Konggres TDA Jaksel 2011.  Tidak saja kabar kesuksesan menggelar acara sharing knowledge yang menghadirkan bapak Fauzi Rahmanto. Melainkan juga kesuksesan mengkerucutkan hasil sarasehan pengurus TDA Jaksel dan menutupnya dengan mengukuhkan kepengurusan untuk periode 2011.  Pondok Citra Saung Lesehan yang terletak di Jatiasih ternyata tidak menjadi penghalang bagi 24 rekan untuk hadir meski bisa dibilang bukan jarak yang dekat.  Dan ini semua menjadi semakin marak karena kehadiran anggota-anggota baru yang memberi warna dan nafas dinamika baru dalam komunitas.

Saya pribadi menyampaikan kebanggaan atas effort untuk pelaksanaan acara ini dan salut atas kebersamaan yang selalu menjadi karakter TDA Jaksel.  Ucapan terima kasih saya sampaikan atas amanah dan kepercayaan rekan-rekan yang mengembankan pucuk langkah ini di tangan saya beserta keseluruhan team (Pak Idham : Divisi KMM, Pak Ridwan: Divisi Bisnis, Pak Hendra + Pak Yudanto: Administrator) dan pengurus tetap Bu Siska & Bu Salma di Keuangan dan kesekretariatan.  Satu penghargaan yang besar bagi Pak Tjarli dan rekan rekan pengurus sebelumnya yang telah meletakkan pondasi yang kukuh bagi rumah yang menjadi tempat beraktifitas ini.  Saatnya bagi kita untuk bersama mengeratkan langkah guna menjadikan rumah yang telah ada ini bermakna lebih, baik fungsi maupun  manfaatnya. Utamanya bagi katalisator bisnis anggota didalamnya.

Mengutip pencerahan dari Pak Fauzi mengenai Trend Bisnis 2011 yang salah satu diantaranya adalah menguatnya dukungan dan perkembangan komunitas.  Jelas memberi peringatan dini bagi kita untuk menyadari bahwa dalam berbisnis kita tidaklagi bisa sendiri.  Komunitas memegang peran penting bagi tumbuhnya bisnis secara cepat dan tepat.  Satu hal yang penting untuk mempertanyakan sekarang bagaimana peran kita dalam komunitas yang kita ikuti.  Apakah kita telah cukup memberikan kontribusi? Dan sebaliknya apakah komunitas telah memberi banyak peran bagi perkembangan bisnis kita?.  Hal menarik berkembang dalam TDA Jaksel belakangan ini.  Dibalik sepinya aktifitas ternyata masih banyak harapan yang ingin diwujudkan oleh anggotanya melalui komunitas ini.  Dan berangkat dari sana kami pengurus baru atau yang lebih tepat kami positioningkan sebagai team moderator berupaya memberikan pendekatan lebih real dalam mewujudkan aspirasi rekan-rekan anggota komunitas.  Hasil akhir yang ingin kami dapat adalah menyelaraskan kebutuhan anggota yang dituangkan dalam satu sistem hingga memberikan sinergi yang optimal antara menjalankan bisnis dan berkegiatan di dalam komunitas secara paralel.

Berikut adalah program kerja 2011 yang memberikan daya tarik baru berkomunitas di TDA jaksel serta benefit mutualisme yang akan bisa menjawab pertanyaan kita mengenai keterlibatan kita dalam berorganisasi. (selengkapnya)

  1. Program kerja disusun sebagai strategi untuk memberdayakan dan mengoptimalkan aktifitas kita di TDA Jaksel.  Didesain dengan seramping dan se-efisien mungkin agar bisa di realisasikan secara optimal.
  2. Kesempatan yg luas bagi anggota untuk bisa dan terlibat dalam sharing knowledge, mengembangkan pasar serta membangun jejaring.
  3. MM sebagai core komunitas akan menjadi prioritas untuk dikokohkan melalui restrukturisasi, mentoring dan regenerasi
  4. Pendekatan bisnis dan sharing profit terhadap kegiatan internal dan eksternal diterapkan dengan menggalang keterlibatan anggota secara aktif
  5. Membentuk budaya baru berkomunitas dengan mengimplementasikan nilai Keteladanan, dan mendorong partisipasi dan inspirasi anggota sebagai kunci pelaksanaan kegiatan.

Untuk merealisasikan program kerja yang telah di tetapkan. Team moderator akan mengupayakan untuk membuat detail petunjuk pelaksanaan ataupun aturan serta detil kegiatan.  Langkah ini diharapkan akan selesai dalam 21 hari kedepan.  yang meliputi:

  1. Divisi MM:
    1. Membuat data base anggota
    2. Menstrukturisasi KMM
    3. Merumuskan program mentoring & regenerasi KMM
  2. Divisi Bisnis:
    1. Merumuskan panduan kerjasama internal maupun internal
    2. Merumuskan pola profit sharing
  3. Administrator:
    1. Merumuskan panduan komunikasi & sharing content online antar anggota
    2. Memfokuskan chanel online yang dipakai dan pengelolaannya

Besar harapan agar langkah awal ini menjadi lompatan ynag berkesinambungan tidak saja karena team moderator telah meletakkan daya tarik dalam kerangka kerjanya tapi rekan anggota juga mempunyai keinginan yang kuat untuk memajukan bisnisnya melalui aktifitas dalam komunitas.  Hingga aspirasi dan partisipasi akan menjadi elemen kunci keberhasilan didalamnya.

TDA Jaksel telah melangkah dan menawarkan peluang serta benefit. Mari realisasikan kemajuan bisnis kita dengan aktif terlibat didalamnya.  Kebersamaan akan menjadi penguat dan perbedaan akan menjadi peluang dalam komunitas.

Salam Sukses

Keteladanan~Partisipasi~Inisiatif

Facebooktwitterredditpinterestmail

You may also like

2 comments

  1. mantap banget ulasan pak sam, saya yakin gerakan mastermind ini akan menjadi embrio yang luar biasa bagi dunia wirausaha indonesia. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− three = 2