Haruskah Gratis?

By Sam (04072007.18.07)

“Mahal sekali?”
Ini bukan komentar pertama yang aku terima di email juga bukan yang ke dua di YM.
“Kok gak gratis saja, kalau gratis Ok-lah buat ikut!”
Kembali aku dapatkan komentar ini yang tentunya bukan yang ketiga.
Aku sama sekali tidak heran!

Tanggal 28 Juli 2007 Blogfam mengadakan “WORKSHOP NGEBLOG SAMBIL NGEBIZZ”.   Satu workshop interaktif bagi blogger yang berminat untuk mengembangkan usaha baik sebagai bisnis sampingan ataupun satu pilihan karir dengan menggunakan media blog sebagai media bisnis.   Workshop ini saya lontarkan saat Mbak Elsa salah satu Moderator Blogfam pulang menegok negrinya. Dan didukung temen-teman blogfam dilemparkanlah workshop ini.  Tak ada niatan lain di balik workshop ini selain keinginan untuk memberikan kegiatan positif bagi anggota blogfam untuk bisa memanfaatkan blognya lebih maksimal dan lebih memberikan peluang.   Akan disyukuri bila nyatanya pelatihan ini bisa dibutuhkan anggota sehingga menjadi agenda rutin Blogfam setara dengan agenda Jumpa Penulis Blogfam yang telah beberapa kali tergelar.

Dengan bandrol Rp 150.000 bagi umum dan Rp 130.00 perorang bertempat di Hotel Sofyan ternyata masih menuai komentar MAHAL!   Padahal usut punya usut untuk acara ini para pembicara sama sekali tidak mendapatkan fee.  Kontribusi murni hanya untuk keperluan peserta mulai dari lunch, coffe break, hand out dan venue semata.  Malah beberapa panitia gotong royong memberikan kontribusi dari menyewakan LCD hingga beberapa keperluan lain.  Ini dilakukan agar bandrol kontribusi bisa ditekan dan jauh dari bandrol pelatihan sejenis, padahal bila dilihat materi dan kulitasnya pelatihan ini lebih memberikan nilai.

Saya sama sekali tidak heran.   Beberapa kali saya mengadakan pelatihan serupa dengan berbagai topik.   Baik mandiri maupun berafiliasi dengan sesama rekan konsultan.   Dan sama komentar MAHAL tetap menjadi daftar panjang disamping kata GRATIS!   Bila ditelusur sebenarnya besaran uang fee bukanlah kendala utama   untuk mengikuti satu workshop, tapi justru mindset yang keliru mengenai pelatihan itulah yang selalu membebani.   Mindset yang meletakkan workshop hanyalah satu expense semata, menjadikan satu item pengeluaran dan malah satu pemborosan. Padahal workshop ataupun pelatihan sejenis sama sejajarnya dengan investasi.   Bagi seorang wirausaha pelatihan merupakan investasi skill untuk lebih mendayagunakan dan mengembangkan kemampuan yang ada sekarang hingga bisa mendapatkan perubahan yang berarti.  Demikian juga bagi satu perusahaan pelatihan ini merupakan investasi sumberdaya apapun bidangnya.

Saatnya bagi kita untuk berfikir pada hal reatistis.   Jika kita mengikuti pelatihan dengan biaya Rp. 150.000,- maka mindset kita harus berfikir bagaimana pada akhirnya bisa balik modal dengan investasi sebesar Rp 150.000,- itu. Bahkan idealnya bagaimana kita bisa memperoleh lebih dari Rp 150.000,- yang kita tanamkan.   Tentunya dengan pelatihan tidak akan sekaligus kita bisa melihat investasi kita berbunga seketika.   Namun perlu daya dan upaya untuk mengimplementasikannya karena pelatihan tersebut telah memberi “jalan” bagi kita.   Keuntungan yang kita peroleh dari suatu pelatihan adalah kita tak perlu lagi untuk berjalan dengan TRY & ERROR, dimana kita telah belajar tidak saja dari kesalahan orang tapi juga keberhasilannya.

Jadi kenapa harus GRATIS bila kita mampu untuk berdiri di kaki kita dan bisa memberdayakan diri kita.   Justru karena benih yang kita tanam itu kita selalu ingat untuk bisa memanennya satu saat nanti.

Facebooktwitterredditpinterestmail

You may also like

6 comments

  1. Setuju Mas Sam. Yang terpenting adalah nilai investasi yang didapat dari acara tsb, masalah uang itu relatif dan saya selalu membandingkan nilai uang dengan pengeluaran rokok sebulan, masih mahalan biaya merokok 🙂 Btw sayang saya gak bisa ikutan karena pas banget tgl itu ada acara nyaris serupa yang saya ikuti, mungkin lain waktu. Btw email promonya kok belum dateng2x juga yah Mas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine − 1 =