Kembali GO BLOG

By Be Samyono

Hampir setahun kata blog tak banyak memberikan arti lagi dibenak saya. Bukannya saya mengingkari bagaimana benefit blog saya peroleh selama ini. Kembali kesibukan kuliah yang jadi pangkal persoalannya. Rasanya saya tak ingin berlama-lama dalam hibernasi terlebih terbengkelai karena alasan klasik. saya ingin kembali GO BLOG. Sepertinya kembali adalah kata yang mudah, namun tidak demikian kenyataannya.

Cover

Trend ngeblog telah turun drastis, banyak rekan-rekan yang beralih ke Facebook atau microblogging lainnya macam twitter atau purlk untuk sosialisai. Sudah pasti ini akan meniadakan jaringan pertemanan yang dulunya dengan mudah terhubung oleh shout atau comment dalam blog. Sedikit sekali rekan-rekan yang saya kenal yang masih tetap menulis, namun kondisi ini tak menyurutkan niat. Saya yakin ada generasi lain diluar yang dulunya eksis, yang masih tetap terus ngeblog dan bisa kembali merajut jaringan. Dan bila menyadari apa tujuan saya go blog, yang tak lain untuk memindahkan isi kepalaku dalam media yang bernama jurnal. Maka saya rasa tak ada ruginya saya kembali menjadi newbie. Memulai segala sesuatunya dari awal.

Sebulan lalu kembali saya libatkan Yna rekan web designer handal saya untuk mengutak atik blog yang ingin saya sederhanakan. Bukan perubahan mayor, saya hanya ingin begitu domain www.be-samyono.com dibuka langsung tertuju pada tulisan saya di Sambizz. Selama ini pembaca harus digiring terlebih dahulu pada web cover yang akan menuntun pembaca pada pilihan masuk ke Sambizz, Samroads, Samwords atau samlens. Satu konsep dimana dulunya saya ingin ke 4 blog yang terintegrasi berada pada level yang sama. Namun ternyata konsep ini tidak efektif. Alasannya. Orang enggan untuk mengexplore sebuah web baru, selain itu adanya kelemahan karena domain www.be-samyono.com hanya berupa cover hingga pake ranknya terpuruk. Kini saya harus memilih Sambizz menjadi main blog saya.

Dengan hilangnya page cover. Maka Sambizz yang terakses melalui www.be-samyono.com menjadi home bagi ketiga blog lainnya. Konsekwensi ini membawa saya pada tuntutan untuk bisa mengisi sambizz dengan rutin dan berbobot. Mengingat selain sambizz telah menjadi main blog, juga karena postingan sambizz khusus untuk topik yang tidak ringan. Selebihnya secara layout sama sekali tidak ada perubahan. Karena kembali saya ingin memfokuskan pada konten. tak ada keinginan lebih dari perubahan dan kembalinya niat saya untuk go blog kecuali hanya untuk bersikap konsisten terhadap apa yang telah saya punyai dan jalani selama ini. Apalagi kalau bukan BLOG ini!

Facebooktwitterredditpinterestmail

You may also like

13 comments

  1. haaaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiiii
    halah!!!
    lamo tak basuo….
    ternyato dirimu yang ingkar ngeblog
    bukan diriku…
    ya to.. ya to…?
    welcome back…

    aku sih masih setia ngeblog, karena, obsesi jadi penulis belum kesampaian, jadinya ya nulis di blog sendiri aja…
    walaupun ndak sesering dulu, tergantung kesibukan dan mood. Namun jika ada waktu longgar, selalu berusaha tulis sesuatu kok sam.
    Kuliah lagi? ambil S3? dimana???

    1. hahah gitu yah. tekat deh sekarang mule nulis perkara dibaca orang ato gak rasanya sejak dulu emang menulis udah bisa dikatakan jadi terapi kedisiplinan. di UNJ mbak 🙂 ok saling tengok kalo gitoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 1 = one