PB2 UAI Business Launching #1 – 2009

By Be Samyono (23082009-13.19)

Pada tahun 2006, data Biro Pusat Statistik (BPS) menunjukkan di Indonesia terdapat 48,9 juta usaha kecil dan menengah (UKM), menyerap 80% tenaga kerja serta menyumbang 62% dari PDB (di luar migas). Data tersebut sekilas memberikan gambaran betapa besarnya aktivitas kewirausahaan di Indonesia dan dampaknya bagi kemajuan ekonomi bangsa.

images

Terlebih lagi ditambahkan dengan data hasil penelitian dari Global Entrepreneurship Monitor (GEM) yang menunjukkan bahwa pada tahun yang sama, di Indonesia terdapat 19,3 % penduduk berusia 18-64 tahun yang terlibat dalam pengembangkan bisnis baru. Ini merupakan yang tertinggi kedua di Asia setelah Philipina (20,4%) dan di atas China (16,2) serta Singapura (4,9%). Pakar kewirausahaan, David McClelland mengatakan bahwa jika 2% saja penduduk sebuah negara terlibat aktif dalam kewirausahaan, maka dapat dipastikan bahwa negara tersebut akan sejahtera. Pendapat serupa juga disampaikan oleh Profesor Edward Lazear dari Stanford University yang mengatakan bahwa wirausahawan adalah pelaku paling penting dari kegiatan ekonomi modern saat ini.

Universitas Al azhar Indonesia dalam usianya yang masih baru ternyata mampu memberikan peran bagi  berkembangan kewirausahaan di Indonesia.  Hal ini dibuktikan dengan dibukanya Konsentrasi Kewirausahaan pada jurusan Ekonomi manajemen. Bukan itu saja, dengan semangat “Entreprising University” Universitas Al Azhar Indonesia juga meletakkan semangat kewirausahaan ini dalam salah satu butir misinya selain pada penerapan tujuh elemen dasarnya. Pada hakekatnya Universitas Al Azhar Indonesia sangat mendukung dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memahami berbagai aspek kewirausahaan sebagai dasar dan bekal membangun naluri kewirausahaan.  Konsentrasi Kewirausahaan sendiri dirancang agar dapat mencetak lulusan yang dapat menciptakan lapangan kerja sendiri mulai dari merencanakan sebuah usaha, merealisasikan rencana usaha yang dibuat, mengelola usaha sampai menjadi wirausaha yang sukses. Salah satu mata kuliah unggulan untuk melakukan implementasi dan praktek bisnis adalah Proyek Bisnis. Proyek bisnis terdiri dari dua mata kuliah. Berbeda dengan Proyek bisnis 1 yang penekanannya pada start up business. Proyek Bisnis 2 lebih diarahkan pada pengembangan bisnis berikut penerapan strateginya. Pada Semester genap tahun ajaran ini Proyek Bisnis 2 merupakan matakuliah baru bagi angkatan konsentrasi kewirausahaan yang pertama. Tercatat 7 mahasiswa aktif mengikuti perkuliahan dan telah dilahirkan 6 usaha mandiri yang meliputi usaha video shooting, warnet, garmen, butik, cuci mobil serta cafe. Selama 1 semester mereka ditempa dengan matakuliah yang mempunyai proporsi 70% praktek dan 30% teori melalui:

Diagnosa bisnis : materi perkuliahan untuk mendiagnosa dan mencari pemecahan masalah yang dihadapi dalam usaha yang dijalankan

Manajemen Strategi : materi perkuliahan untuk melakukan scanning terhadap bisnis dan bisnis plan melalui analisaSWOT sehingga diperoleh strategi yangtepat untuk diimplementasikan

Keuangan Bisnis : materi perkuliahan mengenai strategi investasi dan pengelolaan keunagn usaha

Kunjungan bisnis : Kunjungan terhadap bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa

Action Plan : Perumusan komitment dalan bentuk action plan sebagai guiding setelah lulus matakuliah proyek bisnis

Puncaknya tanggal 29 Juli 2009 bertempat di ruang theater UAI, 7 mahasiswa angkatan pertama konsentrasi kewirausahaan ini menggelar Business Lauching #1.  Acara yang menampilkan soft lauching bisnis yang mereka bangun dikemas dalam bentuk pemutaran film profile bisnis. Acara ini dihadiri segenap keluarga fakultas ekonomi UAI berikut Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Sayuti Hasibuan. Juga gelaran pameran kewirausahaan di lobby UAI selama sepekan. Besar harapan gelaran acara ini mampu memberikan informasi serta aspirasi akan keberadaan konsentrasi kewirausahaan bagi segenap sivitas academika UAI. Selamat!

Facebooktwitterredditpinterestmail

You may also like

3 comments

  1. saya harap pihak UAI membaca dan melihat webs ini pada umumnya, khususnya FAkultas Ekonomi, supaya mendukung dan memfasilitasi semua aktifitas jurusan manajemen entrepreneur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + five =