JK3 Festival #1 Universitas Al Azhar Indonesia

Be Samyono [02072014-22.46]

Telah 3 semester saya memegang kelas Matakuliah Universitas: JK3 (penumbuhan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan korporasi).  Menariknya matakuliah ini diberikan kepada seluruh mahasiswa secara parallel 6-10 kelas secara bersamaan dari berbagai fakultas dengan satu tujuan yang tertera di singkatannya.  Yaitu salah satunya membentuk entrepreneurship.  Tak hanya teori praktekpun dilaksanakan untuk memberikan pengalaman usaha bagi mahasiswa pengambil matakuliah wajib tersebut.  Tidak seperti biasanya untuk praktek kewirausahaan mereka di lepas, semester ini team dosen mengupayakan agar kegiatan ini terkonsentrasi dalam satu wadah. JK3 Festival!

Kegiatan JK3 Fest #1 yang diselenggarakan pertama kalinya oleh tim Dosen JK3 merupakan kegiatan bazaar rintisan usaha (start-up) dari 45 an kelompok mahasiswa JK3 ditambah 16 peserta hibah bank mandiri serta 10 mitra bisnis dari luar. Selain itu juga terdapat acara talkshow dengan enam belas narasumber wirausahawan muda UAI penerima hibah modal usaha dari Bank Mandiri.  Dan acara bertambah meriah manakala komunitas pemusik di UAI bernama Musik Sore turut manggung dan menampilkan suguhan musik akustik ala mahasiswa.

JK3 Fest #1 diselenggarakan pada Selasa dan Rabu, 24-25 Juni 2014 dengan peresmian acara dilakukan oleh Wakil Rektor I UAI Bapak Ahmad Lubis bersama-sama dengan Pimpinan Bank Mandiri Cabang Fatahillah Jakarta, yang selama ini menjadi mitra terdepan dalam mengembangkan wirausaha di UAI. Selama dua hari, bazaar yang mengambil tempat di lapangan parkir sebelah barat kampus UAI dilaksanakan sejak pukul 09.00 dan selesai pada pukul 15.00. Pelaksanaan talkshow inspiratif dari mahasiswa wirausahawan UAI dilaksanakan pada pukul 10.00-12.00 sedangkan musik sore meramaikan bazaar lepas tengah hari sampai selesai.   Diakhir acarapun diberikan penghargaan kepada 6 peserta bazar terbaik sebagai apresiasi.

Produk kuliner berupa masakan, minuman, dan kue menjadi andalan separuh dari 60 kelompok wirausahawan pemula ini. Namun, selain itu juga terdapat produk tekstil, aksesoris pakaian, floris, budidaya lele, dan lain-lain. Salah satu yang unik dalam stand bazaar ini adalah stand kelompok usaha yang menawarkan jasa pemotretan udara dengan menggunakan wahana quadrotor yang dikendalikan oleh wireless remote control. Kelompok usaha yang terdiri dari mahasiswa Teknik Elektro UAI ini dinilai sebagai usaha yang prospektif dan dapat berkembang di masa depan mengingat keunikan dan kebutuhan jasa pemotretan udara dalam berbagai bidang, terutama dalam pemotretan konstruksi atau lahan luas dari ketinggian.

Melihat antusiasme wirausahawan baru dari mahasiswa dan pengunjung yang cukup banyak dari sekitar komplek Masjid Agung Al Azhar, UAI dan Bank Mandiri bertekad untuk merutinkan kegiatan JK3 Fest tersebut sebagai sarana pembelajaran wirausaha dan upaya melahirkan wirausahawan baru yang tangguh dan bermanfaat bagi negara dan bangsa.  kedepannya kegiatan ini diusahakan menjadi kegiatan multi event selain diupayakan untuk bisa sinergi dengan kegiatan serupa di UAI atau pihak-pihak luar.  Maju terus UAI dengan Entreprising University-nya. (tulisan kolaborasi dengan Muh. Luthfi)

Facebooktwitterredditpinterestmail

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ nine = 11